Bulan Ramadhan dan Pandemi COVID-19

Ada yang bilang,
"Ramadhan ga lengkap tanpa teraweh"

Dalam masa Pandemi seperti sekarang, masjid banyak yang ditutup. Bukan berarti kita ga boleh shalat, ga boleh teraweh, ga boleh shalat jumat.

Berkaitan dengan hasil sidang isbat bahwa Ramadhan akan dimulai besok jumat tgl 24 April, bebarengan dengan adanya shalat jumat juga.

Namun himbauan pemerintah, shalat jumat bisa dilakukan di rumah, dengan mengganti shalat dhuhur 4 rakaat. Shalat teraweh juga bisa dilakukan di rumah secara berjamaah/sendiri dengan tetap memperhatikan tata cara sesuai syariat.

Jadi jangan lagi bilang,
"Virus itu dari Allah. Ngapain takut??? Orang beribadah kok ga boleh"

Ayo kita berpikir ulang dan menelaah lagi. Disini tidak ada yang mengatakan ga boleh beribadah. Tapi sebaiknya dilakukan di rumah karena akan memperkecil resiko kemungkinan tertular virus dan juga dengan tujuan agar memutus rantai penyebaran.

Intinya dengan kita berada di rumah, shalat di rumah, menjauhi kerumunan, jaga jarak, pakai masker, itu salah satu bentuk ikhtiar kepada Allah karena Ujian ini.

Kalo masih ada yang tetep bandel gamau pake masker, mungkin ada yg tetep ngerokok, cangkruk di warkop dll, ga betah di rumah.

Lalu kalo muncul symptoms/gejala dan positif corona akhirnya bilang,
"Ya Allah kenapa kau timpakan musibah ini kepadaku?"

Aku seperti ini karena punya banyak temen yang praktek di RS/PKM/klinik/instansi lainnya. Dokter, perawat, sejawat farmasis, ahli gizi, analis, dan yang lain.

Bayangin kalo banyak yang meremehkan dan jika uda mencapai puncak bakal gimana?

Kita bisa mencegah dan menjadi salah satu agent of change tersebut!

Ayo lebih peduli mulai sekarang. Peduli ga hanya tentang diri sendiri, tapi juga orang lain.

Untuk referensi lain mengenai hukum dan tata cara shalat terawih di rumah, bisa klik link dibawah ini. Insyaallah sesuai sunnah.

https://rumaysho.com/24086-panduan-shalat-tarawih-di-rumah-saat-wabah-corona.html

Edukasi orang terdekatmu jika paham, tulisan ini jangan hanya berhenti di kamu. Semoga Ujian ini segera berakhir dan kita bisa melepas rindu ke orang-orang yang kita sayangi. Peluk jauh 💊💉

Komentar

Postingan Populer